Friday, November 13, 2015

[Page 1] | Kelas Dan Object | PBO Java

Sebuah sistem yang dibangun berdasakan metoda berorientasi objek adalah sebuah sistem yang komponennya di enkapsulasi menjadi kelompok data dan fungsi, yang dapat mewarisi atribut dan sifat dari komponen lainnya, dan komponen – komponen tersebut saling berinteraksi satu sama lain.

Bahasa pemrograman yang berorientasi objek memiliki kemampuan dalam pengelolaan program yang lebih disarankan pada pembentukan objek. Dengan menerapkan konsep ini program akan lebih mudah untuk dikembangkan karena sifatnya yang lebih modular.


Dalam konsep object oriented akan kita temukan kata oject dan kelas, class merupakan pola/template yang menggambarkan kumpulan object yang mempunyai sifat yang sama, perilakau atau disebut dengan himpunan object sejenis. Sementatra object adalah implementasi dari class. Adapun proses pembuatan obyek dari kelas disebut instansiasi.

Membuat Kelas Dalam Object Java
Elemen data dalam mendefinisikan class:
1.  Field ( variabel) : Menyimpan data untuk setiap obejck.
2. Construktor : setup object awal.   
3. Method : implementasi perilaku objek.

Untuk membuat object digunakan kata kunci new:
            Namakelas namaObject = new NamaKelas();
Untuk memanggil method dapat digunakan sisntak :
            namaObject.nama_method([parameter]);


Terdapat 3 konsep penting dalam OOP yaitu: enkapsulasi, pewarisan, dan polymorphisme. Enkapsulasi bertujuan untuk menyembunyikan kerumitan dan menyediakan infterface bagi pengguna. Selain itu  enkapsulasi juga berguna untuk proteksi data. Pewarisan adalah satu cara untuk menggunakan ulang kode – kode yang telah dibuat sebelumnya. Sedangkan polymorphisme adakah kemampuan objek untuk menerima pesan tersbut. Kemampuan ini berkat adanya konsep method overring dan method overloading.

Contoh Syntaks Program dalam Penggunaan Class Dan Object

Membuat class
Pada class dibawah ini disimpan dengan nama file Buku.java, direkomendasikan untuk membuat class didalam java harus diawali dengan huruf besar.

Class diatas hanya Merupakan deklarasi dari object buku, Agar dapat digunakan maka kelas buku tersebut harus di instansiasi, Dari sebua kelas dapat dibuat banyak object. Object - object tersebut dapat dibedakan dengan suatu pengenal dengan berupa nama.

Untuk pembahasan pada class diatas adalah:
1. Program diatas di simpan dengan nama file Buku.java
2. Pada bagian String judul, int harga dan halaman, merupakan deklarasi variabel, dimana variabel ini yang akan digunakan dalam kelas Buku.
3. public void setBuku ini merupakan method dengan modifier public yang memiliki returntype void, dengan nama method setBuku yang dimana parameter (String judul, int harga, int halaman) merupakan deklarasi variabel yang digunakan didalam method setBuku dan memberi nilai.
4. Sedangkan pada this.judul = judul, dan seterusnya sampai this.halaman = halaman, merupakan inisialisasi variabel judul yaitu variabel yang dideklarasikan didalam kelas Buku dengan variabel judul yang berada pada method judul, dan seterusnya hingga pada this.halaman.
5. Sedangkan method tampil digunakan untuk menampilkan hasil operasi dari method setBuku, dengan cara memanggil prosedur System.out.println yaitu perintah untuk menampilkan value, yaitu dari variabel judul, harga, dan halaman dimana variabel tersebut yang berada pada class buku.


 Kelas dibwah ini disimpan dengan nama class ObyekBuku.java

Pembahasan pada ObyeckBuku.
1. Pertama Syntaks program diatas disimpan dengan nama file ObyekBuku.java, dimana disimpan berbeda dengan class Buku.
2. Pada class ini penggunaan fungsi main yaitu " public static void main(String args[]) merupakan fungsi main yang digunakan untuk menjalankan program utama, yaitu menjalankan atau menguji pada class Buku.
3. Pada syntaks Buku buku1 = new Buku() merupakan instansiasi atau penciptaan object baru untuk memanggil class Buku. dimana pada variabel buku1 adalah bentuk dari penciptaan object  untuk memanggil class buku.
4. buku1.setBuku(...) merupakan bentuk pemanggilan dari object buku1 yaitu memanggil method setBuku dimana method setBuku tersebut memiliki parameter yang sudah dideklarasikan pada Class Buku.
5. buku1.tampil() digunakan untuk memanggil method tampil pada class Buku yaitu untuk menampilkan hasil dari operasi method setBuku.

Berikut hasil Output Program Menggunakan editor Netbeands:


Penggunaan Class dan Object Menggunakan Konstruktor

Pembahasan dari Syntaks Program diatas:
1. Pada syntaks program diatas disimpan pada file Pegawai.java
2. Didalam class Pegawai tersebut terdapat 3 variabel yaitu NamaPegawai, IdPegawai, dan PosisiPegawai yang memiliki tipedata String dan Integer.
3.  Selanjutnya terdapat konstruktor yaitu pegawai() dimana konstruktor pegawai ini pada konkstruktor pertama memiliki parameter yang berupa deklarasi variabel yang mana didalam statementnya terdapat identifikasi variabel antara variabel dari parameter konkstruktor dengan variabel class pegawai. namun pda konstruktor tanpa parameter terdapat identifikasi variabel class dengan tipe data inputan yang berupa String dan Integer.
4. Penggunaan method pada void show() digunakan untuk menampilkan hasil dari operasi konsturktor untuk menampilkan Informasi pegawai berupa Nama, ID, dan Posisi Pegawai.
5. Sedangkan pada bagian syntaks public static void main (String[]args) yang didalam statementnya terdapat instansisasi yaitu penciptaan object baru dengan nama variabel pegawai1 dan pegawai2, dimana pada pegawai2 ini pemanggilan class Pegawain dengan memanggil konstruktor dengan parameter dengan kontruktor Pegawai. kemudian object dari pergawai1 dan pegawa2 memanggil method show untuk menampilkan hasil operasi dari konstruktor tersebut.

Hasil Output Program:


Penambahan Object Pada Class Object Buku

pembahasan dari sytaks diatas adalah:
 Yaitu penmbahakan pada class ObyekBuku yang sebelumnya class ObyekBuku ini hanya memiliki 1 object yaitu buku1, kemudian ditambahkan kembali dengan menciptakan object baru yaitu object buku2. dengan berbedaan parameter data inputan pada method setBuku pada object buku2.

Hasil output Program dari Membuat Object Buku:


Menciptakan Class Baru

Pembahasan pada Syntaks diatas:
1. Pada class sytaks diatas disimpan dengan file Mobil.java
2. Pada class Mobil tedapat deklarasi variabel yaitu berupa variabel atribut dari mobil diataranya, noPlat, Warna, Manufaktur, dan Speed, dan Kapasistas.
3. Pada method setDataMobil digunakan untuk menyimpan nilai yaitu dengan cara deklarasikan variabel method setDataMobil dialam parameternya, sedangkan statement didalamnya berupa identifikasi variabel class dengan variabel didalam method yang dideklarasikan melaui parameter.
4. Method Tampilkan digunakan untuk menampilkan data hasil dari identifikasi dan inputan data parameter dari method setDataMobil yang kemudian diidentifikasikan dengan variabel class, dari variabel class tersebut dipanggil pada method tampilkan untuk menampilkan valuenya dengan menggunakan prosedur System.out.println().
Dimana Fungsi Mainnya adalah:

Pembahasan pada Sytaks class Main:
1. Pada class diatas disimpan dengan nama class Main.java
2. Didalam class tersebut terdapat 3 object yaitu, ngeng, ngeng1, dan ngen2.
3. Dari ke 3 object tersebut memanggil method setDataMobil untuk mengisikan data parameter dengan data yang berbeda yang kemudian hasil dari operasi tersebut memanggil method tampilkan.

Hasil dari output Program:

Untuk temen - temen yang masih bingung cara membuat class baru menggunkan netbeands, temen - temen dapat melihat tutornya Disini.
Semoga dengan pemaparan materi kali ini dapat membantu temen - temen semua untuk menguasasi konsep dasar dari pemgrograman Berorientasi Object.

Untuk Tutor Selanjutnya Tentang Atribut Silahkan Klik Disini

No comments: