Friday, November 13, 2015

Cara Membuat Class dengan Netbeands | Penggunaan Editor PBO Java

Berikut ini adalah langkah membuat Class menggunakan Netbeands

Pertama temen - temen buka netbeandsnya terlebih dahulu, kemudian pilih menu File -> New Project, kemudian pilih Categories Java, dan pilih Java Aplication, kemudian tekan Next. Seperti yang tertera pada gambar dibawah ini:
Selanjutnya akan tampil jendela project baru, kemudian berinama pada bagian peoject name, untuk sebagai contoh project Name di isi dengan "latihan_PBO", kemudian tekan tomboh finish untuk menyelesaikan proses pembuatan project tersebut.

Perhatikan kotak merah, pada bagian panel kiri netbeand yaitu panel Project, dimana didalam panel tersebut terdapat project yang kita buat diatas.

Selanjutnya pada file Latihan_PBO.java kita hapus dulu, dikarnakan kita kan membuat class baru yang kita butuhkan. cara menghapusnya adalah klik kanan pada class tersebut yang kemudian pilih menu Deleted.
Setelah file Latihan_PBO terhapus, selajutnya kita dapat membuat class baru dengan cara klik kanan pada package latihan_PBO kemudian pilih Menu New ->kemudian pilih Java Class. Setelah temen - temen memilih Java Class kemudian akan tampil jendela baru, yaitu jendela untuk membuat class baru.

Pada jendela New Java Class silahkan temen - temen isi pada Class Namenya yaitu (sebagai contoh) class Buku, dikarnakan didalam class tersebut misalnya kita akan membuat karakteristik dari buku. kemudian tement - temen tekan tombol Finish.
Berikut tampilan editor pada class Buku yang sudah temen - temen buat jika mengikuti langkah - langkah diatas

Demikian tutorial tentang cara membuat class baru menggunakan Editor Netbeands, semoga dapat membantu temen - temen semua.


1 comment:

Unknown said...

gan, mau nanya. caranya memanggil komponen dari kelas lain gimana ya? saya kan punya jPanel yg isinya jTabbedPane, nah saya ingin memanggil variable name nya jTabbedPane di jFrame, nah itu gmana caranya? terimakasih.