Saturday, September 5, 2015

[page 1] Pengenalan Netbeands dan Java (teori)

Untuk membuat sebuah aplikasi desktop, dimana nantinya aplikasi tersebut dapat berjalan pada banyak platform, ex: Ms Windows, Linux, Mac Os. Maka kita perlukan sebuah tools aplikasi yang dapat berjalan pada Java. Tools Netbeands merupakan tools aplikasi desktop yang digunakan untuk membangun aplikasi desktop dengan bahasa pemrograman JAVA.

Netbeans merupakan sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi desktop yang dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.

Tools untuk mengembangka aplikasi desktop selain Netbeands dapat juga menggunakan Eclipse, dimana Eclipse ini memiliki kebutuhan yang sama dengan Netbeands namun memiliki environment yang berbeda dengan Netbeands.

Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). untuk mengembangkan aplikasi desktop gunakanlah tools Eclipse IDE for Java Developer (yaitu pengembang denga tools teringrasi java ). mengingat begitu banyak varian tools Eclipse untuk banyak pengembang bahasa, baik bahasa C/C+, php, dan berbagai varian lainnya. Link Official Eclipse: Eclipse.org link Download dan varian Eclipse: Eclipse disini.  Link untuk Eclipse IDE Java Developer : Disini.

Kita kembali lagi ke Netbeands dimana Tools netbeands tidak hanya digunakan untuk membangun aplikasi dengan bahasa pemrograman Java, tetapi juga dapat digunakan untuk membangun aplikasi dengan bahasa pemrograman lainnya seperti C, C++, Rubby, PHP, JavaScript, Pyhton, tentunya untuk bahasa pemrograman tertentu selain default java di perlukan penginstalan plugin tambahan. untuk menginstalnya tidak perlu repot - repot mencarinya semua pluginsnya sudah tersedia pada library plugins netbeands dan tinggal mendownloadnya, melalui menu Tools -> Plugins nantinya.

Untuk mendapatkan Aplikasi Netbeands teman - teman tidak perlu mengeluakan kocek cukup download saja ke situs resminya, dikarnakan antara Netbeands, dan Eclipse merupakan tools pengembang sumber terbuka, sehingga dapat digunakan secara gratis. untuk masalah fitur tools tersebut tidak perlu di ragukan lagi, dikarnakan tools ini di khususkan untuk membangun aplikasi java. Untuk mendownloadnya, berikut Link Situs Resminya, dan link download tools Netbeandsnya: Disini. Hingga saat ini Netbeands telah merilis versi terbarunya hingga versi 8.02, dari versi sebelumnya Netbeands 7.0, Netbeands 7.1, Netbeands 7.2, Netbeands 7.3,Netbeands 7.4, Netbeands 8.0.2,  dan versi terbarunya Netbeands 8.0.2 (versi terbaru ini masih versi beta yaitu masih tahap pengembangan).

Perlu di ketahui sebelum temen - temen sekalian mengistal tools netbeands maupun Eclipse di atas setelah mendownloadnya, temen - temen harus mengistal JAVA terlebih dahulu agar tools terebut dapat berjalan dan di instalasi pada komputer teman - teman sekalin.
dikarnakan JAVA ini ada compiler bahasa pemrograman yang dimana sebagai virtual machine java untuk menjalankan program java, dikarnakan tools netbeands dan eclipse adalah sebuah tools yang dibangun diatas program java maka jika Java compilernya belum terpasang pada komputer maka tools tersebut tidak dapat digunakan.

Link Download Java : Java versi 8 Update 7  merupakan java terbaru, dari versi seblumnya yaitu java 7. untuk download java pilih download pada Windows Offline (untuk pengguna Windows), Mac Os, dan Linux tinggal download saja tinggal menyesuaikan pada versi OSnya.

Untuk Tutorial Selanjutnya silahkan klik link ini

No comments: