Saturday, September 12, 2015

[page 3] Pengenalan Environtment Nebeands dan Komponen Dasar

Pemrograman menggunakan Netbeands pemrograman dilakukan berbasis visual dan event driven. Event driven  adalah paradigma pemrogrman yang jalannya program ini ditentukan oleh event / peristiwa yaitu sensor keluaran atau tindakan pengguna ( mouse klik, tombol ) atau pesan dari program lain. 

Untuk membuat dialog atau user interface tidak diperlukan teks program baris per baris secara manual melaikan cukup memilih dengan melakukan klik pada component Pallete dan text program akan di generate secara otomatis.

Komponen Dasar Dalam Netbenads

1. Text Field 
TextField merupakan sebuah area pada suatu interface dimana user dapat memasukkan text melalui keyboard dan hanya bisa menerima satu baris input.

2. Label
Label merupakan komponen yang biasa digunakan untuk menampilkan text yang pendek. Dalam prakteknya komponen ini bisa digunakan untuk menampilkan icon yaitu sebuah gambar yang berukuran kecil atau menampilkan icon beserta text.

3. Button
Button merupakan komponen yang bisa digunakan membuat tombol untuk melakukan pemrosesan.

Ujicoba Program

a. Buka tools Netbeands temen - temen, dan kemudian buat project baru melalui menu File -> New Project kemudian klik untuk membuat project baru. Setelah di klik kemudian akan menampilkan jendela baru dengan nama jendela New Project.

Menu Membuat project Baru
b. Kemudian pilih pada Categori dan klik pada icon folder Java(yang di garih bawah dengan di tunjuk angka 1. lih. pada gambar), selanjutnya pilih pada baginan  Project dan pilih pada bagian  Java Application (yang ditunjung dengan centang warna merah). kemudian tekan tombol next, dimana nantinya akan menampilkan jendela baru New Java Application.
Window Membuat project baru.
c. Tampilan jendela Java Application  dimana pada bagian ini temen - temen dapat mengisi Project Name dengan nama project yang temen - temen inginkan (ex. disini project name diisi dengan "Project_Latihan_1"). kemudian pada bagian Create Main Class itu temen checklist (dikarnakan pada bagian ini pembuatan class main pada program java itu sendiri setelah project dan folder - foldernya terbentuk. Kemudian tekan tombol Finish, untuk menyelesaikan pembuatan project tersebut.
Nama Project dan  class main
d. Dibawah ini tampilan jendela Project baru, dapat dilihat pada tab Projects sebelah kiri yaitu sesuai dengan nama project contoh yang kita buat diatas "Project_Latihan_1", dan dapat dilihat pula fle project di samping kanan yaitu jendela coding pada File_Latihan_1.java yang telah berisi fungsi mainnya. sebelum kita membuat program di rekomendasikan untuk membuat Packages baru, dikarnakan dengan membuat Package baru ini memudahkan kita dalam menangani dan memanajemen class - class yang kita butuhkan, sehingga lebih mudah penanganan dari kesalahan nama antar class dan pemanggilan dari class tersebut. Untuk membuat Packages Baru pertama - tama temen - temen click pada bagian Source Packages(jika Source Package tidak, tampil maka bukalah pada icon akar/root yang tertera pada lingkaran merah di tunjuk dengan angka 1, pada bagian tab Project). selanjutnya klik kanan pada Source Packages tersebut dan pilih Menu New -> kemudian pilih menu Java Package dan klik pada menu ini untuk membuat package baru.
tampilan Project coding dan membuat Packages baru.
e. Selanjutnya pada jendela New Java Package pada bagian Name and Location isilah Package Name dengan nama yg menurut temen - temen (ex. diisi dengan nama latihan_1). kemdian tekan tombol Finish. Untuk menyelesaikan pembuatan package tersebut.
Jendela Membuat Nama Package













f. Berikut tampilan Package yang telah selesai dibuat dengan Package "latihan_1".
Tampilan Package yang telah selesai dibuat


g. Kemudian buatlah Form untuk memulai pembuatan program, dimana Form ini digunakan sebagaimana program tersebut di design dan di tempatkan coding melalui event -event. Untuk membuat Form didalam java berada pada library java swing, dimana dalam paket ini Netbeands sudah menyertakan paket tersebut dari library java Swing, untuk itu kita dapat menggunakannya berupa JFrame Form. Cara untuk membuatnya adalah Klik kanan pada packages yang kita buat tadi, kemudian pilih Menu New, selanjutnya pilih menu JFrame Form lalu klik. Seperti yang tertera pada gambar dibawah ini.
Membuat Class Java Jframe























h. Window New JFrame Form digunakan untuk membuat nama  Form, untuk menentukan Nama dan lokasi class pada java tersebut dibuat.  Pada bagian Class Name dapat di isi sesuai nama dari temen -temen (untuk ex. di isikan sebgai "Praktik_1"). Pada bagian Package disana menujukan class java yang kita buat berada pada package latihan_1. Selanjutnya tekan tombol finish  untuk membuat finalisasi pembuatan class Praktik_1.
Membuat nama pada class Java Jframe





















 i. Berikut tampilan Frame  yang tlah selesai di buat, dimana pada bagian framenya ada pada garis merah kotak di tandai dengan nama Design  pada bagian tersebutlah kita meletakan konten dan mendesignnya. Bagian Palete (kotak merah dengan tanda nama Tools Design/palete) merupakan sekumpulan alat atau toolbox untuk membuat design pada Frame, dimana komponenen yang tersedia diantaranya ada Panel, Label, Button,  textField, dan masih banyak lagi. Untuk penggunaanya sesuai kebutuhan dari si program itu sendiri dari project yang di garap. Pada bagian Properties digunakan untuk mengatur penggunaan dasar atau nilai dasar yang akan digunakan pada variabel yang diletakan pada per komponen JFrame, dimana variabel Java Swing tersebut berjalan dalam program.

Pengenalan Lingkungan Dasar Jframe Netbeands
























 j. Untuk memulai dan mendesign project pengenalan awal, mari kita coba dengan membuat Label pada Jframe, untuk itu lihat pada bagian pallete temen - temen kemudian klik pada bagian Swing Controls kemudian piliha pada Bagian Label, klik dan tempelkan pada canvas Frame. Lakukan hal yang sama pada bagian Button dalam Swing Control.
Label pada Swing Control dalam Palete
Button pada Swing Control Palette
 k. Berikut hasil dari Pallete yang kita ambil dari langkah diatas. untuk label tampilkan Namanya sudah di ubah dengan nama Tampilkan.

tampilan hasil dari drag n drop dari komponen Palette



















l. Untuk mengubah nama dari yang sebelumnya dengan nama JLabel dan Jbutton, maka klik di salah satu variabel pallete tersebut kemudian klik kanan dan pilih menu Edit Text, kemudian berikan nama sesuai contoh dibawah ini untuk memudahkannya.
Menu Mengganti Edit Text

m. Untuk langkah pada sebelumnya ialah merubah text variabel yang berada dalam Frame, selanjutnya kita mengganti nama variabel tersebut kegunaan supaya sewaktu melakukan coding dalam pemanggilan program lebih teratur, dan lebih mudah di ingat. Untuk mengubah nama variabel lakukan klik kanan pada salah satu komponen pallete yang terletak pada canvas Jframe, kemudian klik kanan dan pilih Change Variabel Name.

Menu Mengganti Variabel Name

Kemudian isikan dengan nama variabel baru, harap disesuaikan dengan nama variabel yang dituliskan pada edit text diatas. Pada gambar dibawah ini nama variabel jLabel_Keluaran digunakan untuk meganti nama variabel pada Jlabel Keluaran dan begitu pun Pada bagian JButton tampil
Mengganti nama variabel
mengganti nama variabel.
n. Setelah nama tiap variabel di ubah dan di sesuaikan, kemudian kita berikan event pada variabel JButton tampilkan hasil, dengan cara klik kanan kemudian pilih menu Events, kemudian pilih Action, dan pilih actionPeformed.

Membuat Event

o. Kemudian pada bagian syntaks yang diberikan tanda kotak merah, letakan code berikut.

Isikan code berikut kedalam Syntaks yang diberi tanda kotak merah, dimana pada bagian tersebut merupakan event yang kita buat tadi, yaitu Event Action Peformed pada Jbutton Tampil.

Penjelasan dari program diatas adalah
pada perintah  private void Jbutton_tampilActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) merupakan method yang digunakan untuk membuat event action performed pada tombol jButton dalam java.
Sedangkan pada syntaks jLabel_Keluaran.setText("Hasil action Feformed di tampilkan");
digunakan untuk menampilkan hasil text pada object/variabel  jLabel_keluaran. dimana text dalam tanda semi colon tersebut akan tampil ketika kita menekan tombol tampil pada button tampil.


p. Selanjutnya kita jalankan hasil project berdasarkan langkah - langkah diatas, caranya klik kanan pada File class java Praktik_1 kemudian pilih menu Run File (Shit + F6 melalui shortcut). seperti pada gambar dibawah ini.


Berikut tampilan Program yang  sudah Berhasil di Running. Untuk melihat hasilnya, berhasil atau tidak maka klik pada Button tampilkan hasil, jika hasilnya sesuai dengan tampilan gambar b maka program pertama temen - temen buat, berhasil
Tampilan Program yang telah berhasil Running

Hasil Button Tampilkan hasil (Gambar .B)
Untuk hasil selanjutnya silahkah temen - temen bereksperimen sendiri, bagaimana menampilkan text pada komponen Jlabel memlalui jButton, agar lebih mahir.

Demikianlah tutorial singkat untuk membuat Project Baru, dan pengenalan komponen - komponen dalam lingkungan Netbeands. Untuk tutorial selanjutnya akan dibahas pengenalan Lanjutan mengenai komponen - komponen dasar dari Netbeands, supaya temen - temen lebih memahami komponen dasar netbeands dan syntaknya.

No comments: