Saturday, September 5, 2015

[Pengenalan] Apa Itu Desktop Progamming ?

Buat temen - temen yang masih awam dengan dunia pemrogramman, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu definisi dari Pemmrograman itu sendiri, baik definisi program, orientasi program itu sendiri, maupu bahasa pemrograman apa saja yang berkembang di era saat ini.

Pemmrograman  adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk membuat suatu program sehingga program tersebut dapat melakukan perhitungan atau pekerjaan sesuai dengan perintah yang di berikan oleh si programer itu sendiri.
 Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, dan pengetahuan dasar matematika lainnya. Sedangkan Programmer merupakan julukan bagi orang yang menghasilkan/ telah membuat suatu aplikasi atau program, sehingga program tersebut berjalan sesuai perintah yang dibutuhkan oleh pengguna.

dan Pemmrograman Desktop ialah Penulisan bahasa pemmrograman dimana hasil dari program atau aplikasi yang di buat oleh programmer di untukkan berjalan pada perangkat komputer seperti Komputer Desktop, Laptop, Notebook, Komputer Mainframe, maupun super komputer. dimana program ini berdiri Independent tanpa membutuhkan perangkat atau program lain untuk menjalankannya. Untuk menjalankan program tersebut User diminta untuk menginstal terlebih dahulu untuk disimpan pada directory sistem sehingga program tersebut dapat berjalan sesuai dengan alur yang sebelumnya program tersebut di rancang oleh programmer(sebelum programmer membuat program, biasanya dibutuhkan sistem Analisis).

Bahasa Pemmrograman untuk desktop programing yang banyak digunakan saat ini ialah:
Nama  Keterangan
Java
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun1995.  Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun".
C++ C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).
C# (C Sharp) C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti Java, Delphi, Visual Basic, dan lain-lain) dengan beberapa penyederhanaan. Menurut standar ECMA-334 C# Language Specification, nama C# terdiri atas sebuah huruf Latin C (U+0043) yang diikuti oleh tanda pagar yang menandakan angka # (U+0023). Tanda pagar # yang digunakan memang bukan tanda kres dalam seni musik (U+266F), dan tanda pagar # (U+0023) tersebut digunakan karena karakter kres dalam seni musik tidak terdapat di dalam keyboard standar.
F# F# merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berjalan di .NET (dan Mono) dengan memakai multi paradigma, yaitu functional programming dan imperative programming. Contoh paling mudah imperative programming adalah C# dan VB.
C Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa memengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.
Visual Basic Berasal dari ' BASIC ' , yang sangat populer di hari-hari awal komputasi personal , Visual Basic ( VB ) memungkinkan program sederhana yang akan dibuat dengan cepat dan mudah , sementara juga memungkinkan untuk coding yang lebih kompleks

Dari beberapa bahasa pemrograman diatas merupakan penjelasan sekilas tentang bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Desktop, semoga temen - temen sekalian dapat memahami pemaparan tentang bahasa pemrograman dan pemmrogaman yang berjalan pada desktop, dengan begini temen - temen dapat menemukan passion untuk belajar dan ingin belajar ke bahasa pemrograman yang mana ? dikarnakan bahasa pemrograman basic dari aplikasi yang akan di bangun dalam perangkat desktop nantinya.

untuk tutorial selanjutnya, lanjutan artikel ini : Klicked

1 comment:

aikitsu_ said...

info yang sangat bermanfaat, terimaksih^^