Saturday, September 5, 2015

[page 2] Tutorial Instalasi Java dan Netbeands

Pada pembahasan kali ini mengenai tutor penginstalan Java dan Netbeands sebenernya gak susah - susah gampang kok, tapi yang bikin gak enak itu kendalan ketika instalasinya lancar begitu di running toolsnya gak toolsnya gak mau jalan, atau si Javanya sendiri gak kedeteksi oleh si netbeandsny sehingga tidak bisa melanjutkan penginstalan tools pengembangnya.

key Start + PauseBreak
Untuk tahap pertama sebelum instalasi pastikan temen - temen sudah mendownload file Java dan Netbeands pada artikel sebelumnya (disini). setelah di download pastikan yang temen - temen download intu sesuai dengan System type OS yang temen - temen pake yaitu 32 bit dan 64 bit, untuk melihat system type pada windows cukup menekan pada tombol Start + PauseBreak. untuk linux dan mac OS silahkan temen - temen cari sendiri tutornya di google ya :) (untuk temen - temen yang belon tau :) ). berikut type system os punya mimin yaitu 64 bit, jadi harus disesuaikan dengan java yang di instal harus type yang 64 bit jangan yang 32 bit, agar akselerasi dan bug compiler tersebut dalam mengeksekusi program berjalan sempurna tanpa ada kendala.

Setelah temen - temen memiliki ke dua file tersebut maka instalah, File java terlebih dahulu.
berikut ini Step - stepnya: 
1. Klik kanan pada file java jdk lalu pilih open.


















2. Setelah klik open makan akan muncul tampilan dari User Acount Control, lalu pilih yes. maka selanjutnya akan tampil:
Proses instalasi konfigurasi JAVA SE dengan Windows









3. Kemudian akan tampil tampilan antarmuka awal instalasi Java, lalu pilih Next (untuk melanjutkan instalasi), cancel(untuk membatalkan instalasi).
Tampilan antarmuka instalasi Java
















4. Pemilihan feature yang akan di instal pada komputer sistem, pada tahap ini pilih Next saja untuk penginstalasi feature standart.
Pemilihan featureyang akan di pasang pada sistem
















5. Setelah tampilan pemilihan feature, setelah di tekan Next maka proses selanjutnya adalah proses penginstalan pada sistem, agar compiler java dapat berjalan.
Proses instalasi sedang berjalan, Tunggu beberapa saat.
















6. Instalasi sedang berjalan, tunggu hingga proses ini selesai.
Instalation Progress
















7. Instalasi Java telah berhasil dilakukan, tekan tombol close untuk menakhiri proses tersebut.
Instalasi Berhasil.
















Setelah proses Instalasi Java berhasil, maka di lanjutkan untuk instalasi Netbeandsnya, untuk langkah - langkahnya seperti berikut ini:

1. Buka file Netbeands yang akan dilakukan instalasi.
















2. Akan tampil user akun kontrol (jika user acount controlnya aktif) kemudian tekan tombol Yes. yang kemudian tampil tampilan awal instalasi tools Netbeands.  dimana tombol; Customize digunakan untuk memilih paket mana saja yang ingin di instal dalam sistem. sedangkan tombol Next untuk meneruskan proses instalasi. dalam tahap ini dikarnakan proses instalasi standart maka langsung tekan tombol Next saja.
Tampilan Awal Netbeands IDE


















3. Selanjutnya Lisense Pesetujuan, pada bagian I Accept di checklist atau di centang, kemudian Pilih tombol Next. pada bagian ini untuk menginformasikan sarat dan persetujuan mengenai peraturan yang berlaku.
Lisensi Persetujuan 


















4. Persetujuan Unit Lisensi, pada tahap ini pilih checklist pada I accept, dan kemudian tekan tombol Next untuk meneruskan..
















5. Dimana tools netbeands anda di simpan, dan directory java anda tersimpan. jika temen - temen ingin merubah directory tekan tombol browse, kemudian pilih folder dimana yang temen - temen ingin menyimpan data instalasi netbeands tersebut, dan temen - temen juga dapat mencari melalui tombol browse pada bagian JDK for Netbeands bilaman netbeands tidak membaca java JDKnya yang terinstal pada sistem tersebut. Untuk pengaturan standart tersebut silahkan tekan tombol Next untuk melanjutkan.
Pemilihan Folder Instalasi


















6. Pada instalasi directoru glashfish pada posisi standart, kemudian tekan Next untuk melanjutkan.
penempantan directory glasshfish.


















7. Ringkasan hasil dari review pada tampilan langkah instal tools sebelumnya, untuk menginformasikan kembali di directory mana saja tools tersebut di instal, dan di tempatkan. untuk pengaturan chek update silahkan di check list, supaya bilamana ada rilis tools terbaru langsung otomatis terupdate. kemudia tekan next untuk menjalankan instalasi.
















8. Proses instalasi, tunggu beberapa waktu hingga selesai.
Proses instalasi


















9. Proses instalasi telah selesai. kemudian buka program yang telah terinstal di komputer temen - temen.
















10. Tampilan loading awal tools Netbeands, dimana tools tersebut sedang loading membaca data, tunggu hingga beberapa saat hingga tampil environment Netbeands.












11. Interface Muka awal dari Tools Netbeands yang telah berhasil di instal, dimana tools ini yang digunakan untuk membuat program JAVA nantinya.











Demikianlah hasil dari Tutorial Instalasi Java dan Netbeands, hingga tools tersebut siap dipakai merancang maupu mendevelop program.

Untuk Tutorial Selanjutnya Silahkan klik link ini


No comments: