Tuesday, October 20, 2015

Membuat Form C++ Menggunakan Visual Studio 2013

Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana membuat form menggunakan Visual Studio 2013 yaitu menggunakan programming language C++. Buat temen - temen yang belum mengeti apa itu Visual Studio, berikut penjelasannya: Bisa klik Wikipedia Visual Studio.
Baiklah, disini kita akan langsung mempraktik bagaimana membuat form menggunakan Visual Studio 2013. Pastikan temen - temen semua sudah menginstal Tools Visual Studionya yaa.

1. Temen - temen bukan Tools Visual Studionya,  kemudian pilih Menu FILE -> NEW ->PROJECT, kemudian pada bagian template pilih Visual C++, dan pilih CLR -> dan pilih CLR Empty Project(pada view tengah tampilan templatenya). dan jangan lupa memberi nama projectnya terlebih dahulu sebelum menekan tombol OK, yaitu terletak pada panel Input text name(cntoh pada sample project screenshoot menggunakan nama form Visual C++). berikut panduan Screenshootnya:
Pilih menu FILE

Bagian Menu File, Membuat Project baru menggunakan New -> Project.

Membuat form C++ yang berada pada template Visual C++ -> CLR, dan pilih CLR Empty Project.
2. Setelah temen - temen menekan Tombol OK, dan sudah diberi nama pada latihan project temen - temen makan akan tampil mini window loading berupa proses "Creating project 'Latihan Form C++'" dan tunggu beberapa saat hingga proses tersebut selesai. sehingga akan tampil halaman utama kosong pada visual studio temen - temen, yaitu berupa halaman editor Visual C++ dari project yang temen - temen bikin.
Tampilan Loading Creating Project
Jendela Editing Visual Studio dari peoject C++ yang telah dibuat.
3. Selanjutnya pilih pada bagian solution Explorer untuk menciptakan Item baru, yaitu item berupa form design. Dengan cara klik pada bagian nama project Latihan Form C++ yaitu klik kanan, kemudian pilih pada menu Add -.> New Item. berikut Screen Shootnya:
Solution Explorer yang didalamnya berisi nama project Latihan Form C++
Menambahkan Item baru, melalui menu add melalui nama project.
4. Setelah memilih menu New Item, selanjutnya akan tampil jendela Add New Item, kemudian pilih UI pada bagian template Visual C++ dan pilih template Windows Form, untuk nama dibiarkan Default, kemudian tekan tombol Add.
Add New Item Form
5. Setelah menekan tombol add, maka akan tampil form di editor Visual Studio temen - temen, kemudian tekan ToolBox pada side kiri untuk menampilkan toolbox editor design pada form.

Tampilan Form design

Toolbox Editor Form
ToolBox , klick pin untuk menampilkan pinned toolboxnya

6. Selanjutnya kita membuat Design sederhana Toolbox untuk menguji program form c++nya, dimana form yang kita buat berhasil berjalan atau tidak.
tools yang diperlukan untuk mendesignnya adalah Textbox(untuk inputan text), Button, Dan Label. Seperti pada Screenshoot dibawah ini.
Proses Design model pada Form
7. Selanjutnya tekan pada Button1 kemudian cari pada bagian panel sebelah kanan yaitu properti, dan kemudian carilah variabel Text dan berinama Tampil yaitu digunakan untuk mengubah nama text pada button1 menjadi nama button Tampil, selanjutnya lakukan hal yang sama pada label1, dan diberi text nama Output.
Mengganti nama button1 menjadi Tampil
Mengganti text Label1 menjadi Output.
8. Kemudian lakukan double klick pada button tampil (klik kiri ganda), yang digunakan untuk membuat event pada button tampil. dimana event ini nantinya digunakan untuk menampilkan kata dari text yang di inputkan. kemudian ketik sintaks untuk menjalankan event pada button tampil. berikut screen shootnya dan syntaksnya:

sintaks event pada button tampil
9. Setelah memberikan even pada button tampil selanjutnya, cari file MyForm.cpp pada bagian panel Sollutin Explorer dan buka file tersebut dengan cara double click. Seperti pada Screenshoot dibawah ini:
File Myform.cpp pada panel sollution explorer
10. Selanjutnya ketikan sintak berikut pada editor di file Myform.cpp, syntaks tersebut digunakan sebagai penghubung MyForm.h agar dikenali compiler.

Sintaks pada FileForm.cpp
11. Selanjutnya kita akan menjalankan program sederhana yang sudah dilakukan melalui langkah - langkah diatas. untuk menjalankannya temen -temen tinggal cari icon pada toolbar dengan nama local window debuger atau menggunakan menu Debug, kemudian pilih Start Debugin. untuk menjalankan program.
Start Debugger
Start Debuger menu
12. Jika langkah yang temen - temen ikut benar sesuai proses langkah di atas maka hasil program yang akan tampil adalah seperti berikut:
Output form

Form dengan inputan data

Form dengan inputan data
Dengan demikian program sederhana untuk membuat form menggunakan Visual Studio 2013 telah berhasil. atau temen - temen juga dapat menambahkan button exit, untuk perintah keluar dari form tersebut.

berikut tampilan designnya:
design Form with Button Exit.
Dari design diatas silahkan temen - temen ganti nama textnya menjadi Keluar dan  beri event pada button Keluar, caranya sama dengan button Tampil yang di jelaskan diatas.
kemudian salin text ini didalam event button keluar.


Dimana yang di salin seperti pada screenshoot dibawah ini:
code Event Button exit

kemudian di jalankan kembali dengan mengeclick local windows Debuger:
Running Program

Dan hasil outputnya adalah:
Program testing
Nah, demikianlah tutorial sederhana membuat Form menggunakan Visual Studio 2013, dengan menggunakan Programming Laguage C++. Semoga temen - temen dapat memahami penjelasan - penjelasan yang di bahas diatas.

No comments: